Kenali Penyakit Serangan Jantung


Serangan jantung merupakan kondisi gawat darurat yang harus mendapatkan penanganan segera. terlambat memberikan pertolongan dapat mengakibatkan kematian. kondisi ini terjadi karena gangguan aliran yang membawa oksigen ke jantung. akibatnya bisa terjadi kerusakan sel jantung hingga mengakibatkan matinya sel tersebut, ini dikenal dengan nama myocard infark (MCI).
jika kematian sel semakin luas, maka jantung tidak bisa lagi berfungsi, hingga mengakibatkan kematian. penting bagi kita untuk dapat mengenal bagaimana kondisi seseorang yang mengalami serangan jantung, sehingga kita dapat membedakannya dengan penyakit lain.

Beberapa Tanda Serangan Jantung :

1. Nyeri dada. adalah tanda utama dengan karakteristik sebagai berikut ;
  • biasanya pada bagian kiri dada, pada daerah organ jantung berada.
  • nyeri dirasa sebagai sesuatu yang penuh pada dada, berat dan sangat nyeri
  • nyeri dirasakan menyebar hingga ke beberapa organ lain semisal rahang, bahu, leher, atau pada daerah perut.
2. Keluar keringat dingin hingga membasahi seluruh tubuh. keringat ini keluar terus menerus hingga terkadang penderita merasa perlu mengganti baju hingga berkali-kali.

3. Napas menjadi pendek dan tersengal-sengal.

4. Perut Terasa mual dan terkadang muntah. tanda ini lebih sering dianggap sakit maag biasa, karena gejalanya memang mirip

5. Pandangan menjadi kabur, kepala pusing dan bisa jadi mengalami gangguan kesadaran.


Pertolongan Pertama Serangan Jantung :

  1. Biarkan penderita duduk, beristirahat dan usahakan tetap tenang. jangan tinggal kan penderita sendirian, kecuali jika sangat terpaksa untuk mencari pertolongan.
  2. Longgarkan semua pakaian yang dirasa ketat.
  3. Jika memungkinkan, tanya kepada penderita, apakah dia memiliki obat yang diberikan oleh dokter berkaitan dengan penyakit jantungnya.
  4. Jika memiliki obat jantung (dengan kandungan nitrogliserin), maka dapat diberikan dengan menggerusnya terlebih dahulu, kemudian diletakkan dibawah lidah, hingga terlarut air ludah dan tertelan.
  5. Jika nyeri tidak hilang juga setelah diistirahatkan atau tiga menit setelah diberi obat, segera hubungi rumah sakit terdekat dan memiliki fasilitas jantung yang memadai.
  6. Jika penderita ditemukan sudah dalam kondisi tidak sadar dan tidak respon lagi, maka segera lakukan CPR (cardiopulmonary resucitation).

Tips Mencegah Serangan Jantung

  1. Pertahankan berat badan, kurangi makanan yang mengandung kolesterol. penderita diabetes sebaiknya mengontrol kadar gulanya secara benar.
  2. Berolahraga secara teratur, untuk meningkatkan kualitas kesehatan jantung
  3. Batasi penggunaan alkohol dan rokok, atau sebaiknya berhenti sama sekali.
  4. Jika sudah diketahui mengidap penyakit jantung, berobatlah secara teratur agar terhindar dari serangan jantung mendadak.

Subscribe to receive free email updates: