Orang Sabar Pantatnya Lebar




orang sabar pantatnya lebar” itulah tulisan yang pernah saya baca di spakbor motor. Entah apa hubungannya antara sabar dengan pantat lebar. Kalau Cuma patokannya pantat lebar sih, jadi gampang banget dong bisa tahu karakter antara orang yang sabar dengan yang tidak sabar. Tinggal lihat pantatnya lebar apa tidak. Hehehe.. jadi ngomongin pantat.

Mending kita ngomongin sabar. Kata orang, “sabar itu ga ada batasnya, kalau ada batasnya itu namanya ga sabar”.  Saya pikir kalimat ini sangat benar. Sabar memang tidak ada batasnya, bahkan termasuk ahlak yang pahalanya juga tidak terbatas.

Saya teringat dengan salah satu hadis tentang sabar. Kurang lebih begini bunyinya ; “ketika Abu bakar ra sedang bercakap-cakap dengan Rasulullah Saw, datang seorang badui yang memaki-maki Abu Bakar. Tetapi Abu Bakar tidak menghiraukannya, Nabi pun tersenyum. Dilihat bahwa ia tidak dihiraukan, badui itu memaki-maki Abu Bakar lebih keras lagi. Abu Bakar tetap tidak menghiraukannya, Nabi tersenyum. Ketiga kalinya, badui itu mencaci maki dengan lebih keras lagi dari sebelumnya. Dan akhirnya Abu Bakar terpancing marahnya hingga meladeni cacian badui tersebut. Tiba-tiba Nabi beranjak keluar. Melihat Nabi keluar, Abu Bakar menyusul dan menanyakan hal tersebut. Nabi bersabda, ‘ketika kau bersabar dengan cacian badui itu, banyak malaikat hadir di sekelilingmu untuk mendoakan dan memohon ampunan untukmu’. ‘yang kedua kali badui itu mencaci dan kau tetap bersabar, maka datanglah malaikat lebih banyak lagi untuk mendoakan dan meminta ampunan untukmu’. ‘yang ketiga kalinya badui itu memaki, kau menjadi marah. Maka semua malaikat tadi pergi, dan hadirlah iblis dengan seketika. Dan aku pun pergi menjauhimu’.

Dahsyatnya sabar hingga seperti itu ya bro... gile bener. semakin lama kita bisa bersabar, semakin banyak malaikat yang mendoakan dan memohonkan ampunan untuk kita. Belum lagi hitungan pahalanya yang tidak terbatas.

Dari hadis itu juga kita jadi tahu, ternyata marah itu mengundang setan atau iblis untuk nimbrung ngomporin. Pantesan ada hadis lain yang intinya bahwa Nabi menyuruh kita untuk ‘jangan marah’.

Setelah tahu begini ceritanya, kan jadi lebih memotivasi kita untuk menjadi orang sabar dan sebisa mungkin menahan amarah. Tulisan di spakbor motor bisa diubah jadi “orang sabar pahalanya lebar”.

Subscribe to receive free email updates: