Super Hoki

super hoki
Untung dan Donal Bebek

Terinspirasi dengan pertanyaan; bagaimana cara menciptakan hoki alias keberuntungan dan menjadikan diri kita sebagai orang yang selalu beruntung?” Karena saya percaya bahwa keberuntungan itu diciptakan oleh kita sendiri bukan takdir. Bahkan didalam alquran telah dijelaskan bahwa semua yang terjadi adalah hasil atau akibat dari amal perbuatan kita sendiri (silakan googling sendiri ayatnya…). Ini mengingatkan saya dengan salah satu tokoh di dalam cerita komik “donal bebek” yaitu seorang sepupu donal yang bernama “untung”. Didalam cerita komik itu, “untung” digambarkan sebagai orang yang selalu mendapatkan keberuntungan, kebalikan dari donal yang digambarkan sebagai sosok yang selalu “sial”. Ternyata ada factor-faktor yang mempengaruhi keberuntungan atau kesialan didalam hidup kita.


Factor-faktor ini saya kumpulkan dari berbagai sumber menjadi satu rangkuman sebagai berikut :

1. Shalat Lima Waktu. Jangan sekali-kali meninggalkan shalat, jika anda ingin menjadi orang yang hoki dunia akhirat. Dengan Shalat pulalah kita memohon kepada Yang Maha Kaya untuk selalu memberikan berkah dalam hidup kita. Ingat … berkah = hoki. Selalu doakan orang lain dengan doa “Barakallahu fiikum” (semoga Allah memberikan berkah kepadamu), sehingga orang itu memberi jawaban dengan doa yang sama untuk kita.

2. Sedekah (charity). orang-orang terkaya di dunia adalah orang-orang yang memiliki sifat philantropis sejati. Mereka tidak segan-segan dalam mengeluarkan uang untuk tujuan derma/sedekah. Rockefeller pernah mengatakan bahwa semakin banyak uang yang ia keluarkan untuk sedekah, maka semakin besar penghasilan yang bisa dia dapatkan. Kebalikannya, jika anda pelit maka jangan heran jika hidup anda susah. Allah saja tidak suka dengan orang pelit, apalagi manusia biasa seperti kita.

3. Silaturahmi. Ingatlah bahwa rejeki anda mengalir lewat orang lain. Maka perbanyaklah silaturahmi dengan orang lain agar gerbang rejeki anda terbuka lebar.

4. Jujur/Amanah/Dapat Dipercaya. Jangan sekali-kali anda mengkhianati kepercayaan yang diberikan orang lain kepada anda. Sekali lancung ke ujian, selamanya tidak akan dipercaya. Jika anda sudah tidak dipercaya orang, itu artinya anda telah menutup pintu rejeki anda sendiri.

5. Jangan Malas-Malasan. Jadilah pribadi yang rajin dan aktif dalam keseharian. Rajin dalam bekerja dan rajin dalam belajar. Hilangkan sifat malas dengan mencoba melawannya, misalnya; jika sedang malas bekerja, paksakan diri untuk bangun dan mulai mengerjakan satu persatu. Tidak ada orang malas yang hoki di dunia ini. Bukankah akar dari kemiskinan dan kebodohan adalah kemalasan?

6. Jaga Kesehatan. Berolahragalah, makan buah dan sayur hijau, dan minumlah suplemen tambahan jika diperlukan. Banyaknya aktifitas sehari-hari harus diimbangi dengan asupan gizi yang cukup. Orang yang hoki adalah orang yang sehat dan selalu menjaga kesehatannya.

7. Suka membantu Orang Lain dengan Ikhlas. Sifat membantu adalah baik selama tidak pamrih. Jika anda meminta pamrih dari setiap bantuan yang anda berikan ke orang lain. Maka jangan heran jika orang lain akan menjaga jarak dengan anda. Dan sebaliknya, jika anda ikhlas membantu setiap orang yang membutuhkan bantuan anda, maka rejeki anda akan mengalir deras dengan sendirinya. Contoh nyata nya ketika saya memperhatikan adik sepupu saya yang orang nya termasuk kategori pelit dalam hal uang. Tapi yang saya herankan adalah kenapa koq rejekinya sepertinya selalu bagus. Satu hal yang saya dapati dari sifat baiknya adalah suka membantu siapa saja yang membutuhkan pertolongannya dalam bentuk tenaga. Kalau sudah membantu, ia akan all out sampai berkotor-kotoran pun ia lakoni.

8. Jauhi Maksiat atau Dosa Besar Lainnya. Jangan lakukan perbuatan yang dilarang agama, jika anda tidak ingin menjadi sial seumur hidup. Perbuatan dosa yang kita lakukan sebenarnya bisa menutup pintu rejeki. Permisalannya seperti anda menaruh sampah di depan pintu sedikit demi sedikit, dan jika melakukan maksiat atau dosa besar lainnya, itu laksana anda menaruh sampah besar di depan pintu. Dan apa yang terjadi? Udara yang masuk melalui pintu menjadi sedikit atau bahkan hampir tidak ada sama sekali. Yang harus anda lakukan adalah membersihkan sampah itu dengan melakukan taubat dengan sebenar-benarnya.

9. Jangan Tidur di Pagi hari. Pagi hari adalah waktu untuk mencari rezeki. Bahkan petuah Cina dalam berdagang adalah “jangan sampai terkena matahari”yang artinya Pergi berdagang sebelum matahari terbit, dan pulang setelah matahari terbenam. Nabi Muhammad Saw pun melarang putrinya tidur kembali setelah shalat shubuh.

10. Jaga Rumah Selalu dalam Keadaan Bersih. Rumah yang kotor sangat disenangi oleh setan yang esensinya adalah energy negative yang bisa menghalangi masuknya rejeki. Bersihkah rumah anda dari kotoran-kotoran, selain menjadi rapih dan bersih, setan juga menjauh. Karena ternyata setan tidak suka dengan rumah yang bersih.

11. Berpakaian baik dan harum. Ingat kisah “donal” dan “untung”? jika anda membeli komik donal bebek pasti tahu bagaimana tokoh donal digambarkan dengan pakaian seadanya, lain halnya dengan tokoh untung yang digambarkan dengan pakaian yang bagus. Hoki itu terkait dengan orang-orang, dan saat berinteraksi dengan orang lain, mereka pasti akan menilai kita dari pakaian yang kita pakai. Hargailah diri anda sendiri dengan menggunakan pakaian yang berkualitas dan pakailah pengharum tubuh. Jangan sampai orang lain menjauhi anda karena bau badan yang kurang sedap tercium oleh mereka.

12. Bersyukur. Di dalam Al Quran, Allah memberikan ultimatum kepada orang-orang yang tidak mau bersyukur. “Jika kamu bersyukur (atas nikmat-Ku), maka AKU tambahkan untukmu. Dan jika engkau ingkar (atas nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku amat pedih”. Orang yang selalu mengeluh adalah orang yang kufur nikmat alias tidak bersyukur. Kalian bisa lihat di dunia ini bahwa para pecundang kehidupan adalah orang-orang yang paling jago mengeluh. Apapun kondisi buruk yang anda alami dalam hidup ini, jika anda tidak mampu untuk bersyukur, setidaknya janganlah mengeluh. Dan jauhilah orang yang suka mengeluh, virus mengeluh adalah termasuk jenis virus yang mudah menyebar.

13. Baca Al Ikhlas setiap Masuk rumah. Ini adalah amalan paling mudah dengan efek yang menakjubkan. Nabi Muhammad Saw mengajarkan kita untuk membaca al ikhlas setiap akan masuk rumah, yang fadhilahnya adalah menghindarkan kefakiran si penghuni rumah serta kedua tetangga sebelahnya.

14. Berani. Ada pepatah yang mengatakan bahwa keberanian adalah setengah dari kesuksesan. Jika Anda berani mengambil peluang yang ada di depan mata, berarti anda sudah setengah sukses. Jangan takut gagal. Berani mencoba lalu gagal, itu masih lebih baik daripada tidak pernah mencoba sama sekali.


Faktor-faktor ini jika bisa anda jalankan (mungkin) akan menjadikan anda seorang super hoki. Selalu beruntung dalam setiap fragment kehidupan. Akhir kata saya ucapkan ; Barakallahu fiikum..

Subscribe to receive free email updates: