Cara Melunasi Hutang Secara Islami

cara melunasi hutang


Setiap manusia yang hidup pasti merasakan HUTANG. Ketika kebutuhan hidup mendesak, dan kita tidak punya uang. Disitu kadang kita merasa sedih.

Bahkan gara-gara hutang, manusia tidak bisa masuk surga walau amalnya segunung. Karena hutang, hati jadi tidak tenang dan malu bertemu orang. Solusi yang sering dipakai orang untuk menutup hutang adalah dengan mengambil hutang baru. Alias gali lobang tutup lobang. Tapi jangan sekali-kali anda berani berhutang sama rentenir, hidup anda akan sengsara tujuh turunan.

Cara Melunasi Hutang Secara Islami
Jika terlanjur memiliki hutang besar, coba lah untuk berbicara secara baik-baik dengan orang yang memberikan hutang. Mintalah kebijaksanaannya agar mau menjadikan hutangnya dalam bentuk cicilan bulanan yang anda sanggupi jumlahnya. Cara ini terbukti ampuh bagi saya yang dulu memiliki hutang banyak dan besar jumlahnya.

Selain ikhtiar lahir mencari nafkah dan berusaha membayar hutang sedikit-demi sedikit. Lakukan juga ikhtiar batin dengan membaca doa-doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Doa Terbebas Dari Hutang
Dari Abu Said Al-Khudhri ra. : “Pada suatu hari Rasulullah SAW masuk masjid. Tiba-tiba ada seorang sahabat bernama Abu Umamah r.a. sedang duduk di sana. Nabi SAW bertanya: ”Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat kau sedang duduk di luar waktu sholat?”  Abu Umamah menjawab: ”Aku bingung memikirkan hutangku, wahai Rasulullah.” Rasulullah SAW bertanya: ”Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila kau baca maka Allah ta’aala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?” Ia menjawab: ”Tentu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda,”Jika kau berada di waktu pagi maupun sore hari, bacalah do’a:


اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.

Kata Abu Umamah r.a. : ”Setelah membaca do’a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku.” (HR Abu Dawud 4/353).


Dzikir Mendatangkan Rezeki
Suatu ketika datang seorang lelaki mengeluhkan keadaannya kepada Rasulullah SAW. Ia berkata, “Dunia ini telah berpaling dariku dan yang telah kuperoleh dari tanganku sangatlah sedikit.” Rasulullah SAW bertanya kepadanya, “Apakah engkau tidak pernah membaca doanya para Malaikat dan tasbihnya seluruh makhluk yang dengan itu mereka mendapat limpahan rezeki?” Lelaki itu bertanya, “Doa apakah itu wahai Rasulullah?”

Rasulullah SAW menjawab, “Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim, dan beristighfarlah kepada Allah sebanyak seratus kali diantara waktu terbitnya fajar hingga menjelang waktu shalatmu, dengan itu dunia akan tunduk dan merangkak mendatangimu, dan Allah menciptakan dari setiap kalimat tersebut Malaikat yang selalu bertasbih kepada Allah hingga hari kiamat dan untukmu pahalanya.” (HR Muslim)

Yang terpenting dari pembelajaran ini adalah niat kita untuk terus berikhtiar melunasi hutang-hutang dan memperbaiki kondisi rejeki kita. Jangan pernah berputus asa dalam hidup, karena Allah SWT melarang umatnya untuk berputus asa. Setiap kesulitan hidup yang kita alami adalah bagian dari pendidikan hidup, agar kita menjadi orang yang lebih baik dari waktu ke waktu.


Subscribe to receive free email updates: