4 Manfaat dan Keutamaan Dari Dzikir Untuk Manusia

4 Manfaat dan Keutamaan Dari Dzikir Untuk Manusia – Dzikir merupakan sebuah doa-doa yang sengaja kita ucapkan untuk mengingat Allah SWT. Dalam Al-Qur’an sudah banyak sekali surat yang menganjurkan umat Islam untuk selalu berdzikir setiap harinya, termasuk salah satunya tertuang dalam surat Al Munafiqun ayat 9.

"Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi"

Ternyata dzikir memiliki banyak sekali manfaat luar biasa bagi kita sebagai manusia, khususnya bagi umat  Islam. Bahkan manfaat dan keutamaan dzikir ini sudah disampaikan oleh banyak ulama dan ustad. Apa sajakah itu? simak informasinya berikut ini.

4 Manfaat dan Keutamaan Dari Dzikir Untuk Manusia

Manfaat Dzikir Bagi Umat Manusia

1. Mampu menenangkan hati dan pikiran
Jika Anda sedang merasa galau, risau, ataupun ragu-ragu maka tenangkanlah hati anda dengan membaca dzikir setelah selesai sholat atau bahkan kapanpun yang anda mau. Dengan membaca doa dzikir, maka pikiran kita akan menjadi lebih tenang dan terfokus dalam satu tujuan, yakni Allah. Dengan hati dan pikiran yang tenang akan mampu membuat kita menjadi lebih sehat secara jasmani dan rohani.

2. Kemenangan dan kekuatan
Ali Bin Abi Thalib ketika perang dia selalu membaca dzikir kepada Allah SWT. Meskipun bisa dikatakan jumlah prajuritnya cukup sedikit, tetapi beliau mampu mengalahkan semua musuh. Bahkan kerajaan pasukan Ali Bin Abi Thalib bisa sampai ke kawasan Eropa.
Maka dari itu, bacalah dzikir selalu untuk Allah, maka Anda akan mendapatkan kemenangan dan kekuatan dalam pekerjaan dan aktifitas setiap harinya.

3. Mengingatkan larangan Allah
Berdzikir akan membantu kita mengingat Allah selalu setiap saat. Dengan demikian, kita secara otomatis juga akan selalu mengingat akan larangan yang diberikan oleh Allah SWT. Apabila kondisi semacam ini terus berlanjut, maka kita akan dijauhkan dari siksa api neraka oleh Allah.

4. Menambah pahala dan menghapus dosa
Allah akan memberikan pahala sangat besar bagi umat Islam yang mau mengingat nama-Nya dan berdzikir setiap malam. Pahala berdzikir tersebut bisa diibaratkan seperti sebuah gunung yang sangat besar dan tinggi. Semakin banyak Anda berdzikir, maka pahalanya akan semakin besar.


"Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya" - Al Ahzab ayat 41.

Itulah pembelajaran Islam mengenai manfaat dan keutamaan dzikir bagi umat manusia. Semoga dapat bermanfaat dan mampu memperkuat keimanan kita. salam.

Subscribe to receive free email updates: