4 Manfaat Qurban Hari Raya Idul Adha Bagi Manusia

4 Manfaat Qurban Hari Raya Idul Adha Bagi Manusia – Qurban merupakan salah satu ibadah umat Islam yang dilakukan setiap tanggal 10 dzulhijjah. Tidak semua umat beragama Islam diwajibkan untuk berkurban, mengingat ibadah satu ini termasuk kedalam ibadah sunah. 

Biasanya qurban dilakukan dengan menyembelih hewan ternak seperti sapi, unta, kambing, dan masih banyak lagi. Selain sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT, ternyata Qurban juga memiliki manfaat sangat besar bagi manusia. apa saja manfaat Qurban pada hari Raya Idul Adha itu? simak informasi selengkapnya berikut ini.

4 Manfaat Qurban Hari Raya Idul Adha Bagi Manusia

Manfaat Qurban Bagi Umat Manusia

1. Memupuk rasa empati dan melatih kedermawanan
Berqurban dapat memumpuk rasa empati dari dalam diri kita kepada orang lain, khususnya kepada mereka yang termasuk kedalam golongan orang-orang tidak mampu. Apabila empati sudah terbentuk, secara otomatis sikap kedermawanan kita terhadap orang lain juga akan semakin terlatih.

2. Rejeki menjadi berkah
Seperti kita ketahui bersama, 2,5 % harta yang kita punya adalah sebagian milik kaum tidak mampu. Dengan berquban di hari raya Idul Adha maka harta yang kita miliki tersebut akan semakin berkah dan halal. Bahkan Allah tidak akan mengurangi harta tersebut, malahan DIA akan menambahnya berlipat-lipat ganda.

3. Mencukupi gizi kaum kecil
Daging sapi dan kambing mengandung berbagai macam nutrisi di dalamnya. Mulai dari protein, vitamin, mineral, dan masih banyak lagi. Kandungan-kandungan nutrisi semacam inilah yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan gizi kaum kecil.Yang mungkin tidak bisa setiap hari terpenuhi gizinya.

4. Menjaga tali silaturahmi
Setiap hari raya Idul Adha tiba semua orang merasa senang, mereka senang bukan hanya karena akan mendapat jatah daging saja, tetapi juga senang karena bisa berkumpul bersama orang lain untuk menyembelih hewan Qurban dan makan bersama. Sehingga hal ini akan mampu menjaga tali silaturahmi antar umat beragama Islam, khususnya di kampung kita masing-masing.


Bagaimana, tertarik untuk berqurban besok? Seperti itulah manfaat Qurban hari raya Idul Adha bagi manusia. Semoga menambah wawasan Anda, wassalam. J

Subscribe to receive free email updates: