4 Manfaat Sholat Dhuha Bagi Kesehatan dan Rohani Kita

4 Manfaat Sholat Dhuha Bagi Kesehatan dan Rohani Kita – Dhuha merupakan salah satu jenis sholat sunah dalam Islam yang memiliki banyak sekali keutamaan. Biasanya sholat ini dilakukan ketika matahari telah terbit dan bersinar, tepatnya ketika pukul 08.00 pagi sampai dengan menjelang sholat dzuhur.

Setelah dilakukan berbagai macam penelitian, ternyata sholat dhuha memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan rohani kita. Apa sajakah manfaat sholat dhuha bagi kita? berikut informasi selengkapnya.

fadhilah Sholat Dhuha

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha

1. Olahraga pagi
Sebelum melakukan rutinitas pekerjaan sehari-hari, luangkanlah waktu setidaknya 30 menit untuk melakukan sholat dhuha. Sholat sunah ini mampu memberikan kesehatan tubuh bagi Anda, sebab dengan melakukan gerakan sholat beberapa rakaat, sistem peredaran dalam tubuh akan berjalan dengan lancar. Manfaat ini bisa dibilang hampir sama dengan melakukan olahraga peregangan setiap pagi hari.

2. Menghilangkan stres berat
Apakah Anda mengalami stres? Jika benar, maka silahkan untuk melakukan sholat dhuha secara rutin. Menurut para ahli, sholat dhuha di pagi hari secara tidak langsung mampu merileksasi bagian sistem saraf pusat. Dimana bagian inilah yang sering menyebabkan kita mengalami stres pikiran.

3. Melancarkan rejeki
Inilah manfaat dan keutamaan sholat dhuha yang sebenarnya. dalam Al-Qur’an telah dijelaskan barang siapa yang mampu meluangkan waktunya di pagi hari untuk mengingat Allah (sholat dhuha), maka mereka akan dilapangkan rejekinya ketika bekerja. Maka dari itu, apabila Anda ingin cepat kaya lakukan sholat sunah ini secara rutin setiap harinya.

4. Menjaga kebersihan muka dan membuat wajah berseri
Berwudhu ketika pagi hari, sebenarnya sangat efektif untuk menjaga kebersihan muka dan membuatnya bersinar secara alami. Dengan sholat dhuha secara rutin, maka wajah Anda akan terlihat semakin cerah dan awet muda. Namun agar manfaat tersebut tercapai, Anda harus melangsungkan wudhu dengan benar sebelum sholat dhuha.


Itulah beberapa manfaat sholat dhuha dan keutamaannya. Semoga informasi diatas berguna dan memberikan keimanan yang kuat bagi kita semua, salam. J

Subscribe to receive free email updates: