4 Manfaat Wudhu Sebelum Tidur Malam Hari

4 Manfaat Wudhu Sebelum Tidur Malam Hari –Wudhu menjadi sebuah kegiatan yang wajib dilakukan oleh umat Islam sebelum menunaikan ibadah sholat. Mengingat wudhu berguna untuk mensucikan diri kita dari hadas kecil.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya agar selalu melakukan wudhu, meskipun di luar ibadah sholat. Setelah dilakukan penelitian di Universitas Alexandria, ternyata ada banyak sekali manfaat wudhu sebelum tidur yang sangat luar biasa. Apa sajakah itu? berikut beberapa diantaranya.

4 Manfaat Wudhu Sebelum Tidur Malam Hari


1. Bebas dari kuman dan bakteri jahat
Ketika tidur malam hari, tubuh akan sangat rentan sekali terserang kuman dan bakteri penyebab penyakit. Akan tetapi apabila Anda bewudhu terlebih dahulu, semua itu dapat dicegah. Dengan wudhu, kuman dan bakteri yang ada di mulut, telinga, mata, dan kulit dapat hilang. Sehingga ketika malam hari, tubuh tidak akan mudah terserang mikroba tersebut.

2. Ketika tidur didoakan oleh malaikat
Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Habban, menjelaskan bahwa barang siapa yang berwudhu sebelum tidur, maka dalam tidurnya dia akan didoakan oleh beribu-ribu malaikat sampai terbangun. Seperti kita ketahui bersama, doa malaikat tidak pernah diabaikan oleh Allah. Oleh sebab itu, lakukanlah wudhu sebelum tidur setiap malam hari.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci'”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

3. Ketika mati, akan syahid
Dalam sebuah buku karangan Syekh Muhammad yang berjudul Tanqih al Qand al Hatsis, diriwayatkan bahwa barang siapa yang tidur dalam keadaan bersuci (wudhu), maka mereka akan dimasukkan kedalam golongan orang-orang yang mati dalam keadaan syahid. Kemudian setelah itu, Allah akan memasukannya ke dalam surga yang sangat indah.

4. Mencegah mimpi buruk
Apakah setiap malam Anda mimpi buruk? Jika benar demikian, silahkan ambil air wudhu sebelum tidur. Menurut beberapa ahli, dengan bersuci maka syaiton dan jin tidak akan mengganggu tidur kita dengan mimpi-mimpi buruk.



Bagaimana, tertarik untuk mencoba istiqomah berwudhu sebelum tidur? akan lebih bagus lagi jika kita selalu dalam keadaan ada wudhu. Itulah beberapa manfaat wudhu sebelum tidur yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda, 

Subscribe to receive free email updates: