Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh Kita – Bagi umat beragama Islam, sholat tentunya sudah bukan menjadi sesuatu yang asing lagi. Selain sebagai tiang agama, ternyata gerakan-gerakan dalam sholat sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat gerakan sholat bisa muncul disebabkan karena peredaran darah menjadi lebih lancar ketika kita melakukan beberapa gerakan dalam ibadah tersebut. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapat ketika melakukan ibadah sholat.

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Gerakan-Gerakan Sholat Untuk Kesehatan Tubuh

1. Gerakan takbiratul ihram
Gerakan ini dilakukan ketika permulaan sholat, yakni dengan berdiri tegap kemudian mengangkat kedua tangan dan disedekapkan di bagian dada. Menurut para ahli, gerakan tersebut dapat membuat otot kedua tangan dan bahu berkontraksi, sehingga akan menjadi lebih kencang dan kuat.

2. Gerakan rukuk
Gerakan rukuk merupakan gerakan yang dilakukan dengan membengkokan badan, lalu kedua tangan bertumpu pada bagian paha atau tumit. Membengkoknya tubuh ini mengakibatkan otot pada bagian punggung menjadi berkontraksi dan kencang. Selain itu, membungkuknya tubuh juga menyebabkan aliran peredaran darah dari tubuh menjadi lebih lancar.

3. Gerakan sujud
Gerakan sujud dilakukan dengan meletakan kepala di lantai, kemudian mencium lantai dengan menggunakan dahi dan hidung. Manfaat dari gerakan ini adalah mampu melancarkan sistem peredaran darah menuju ke otak.

4. Gerakan duduk
Setelah melakukan sujud, maka gerakan selanjutnya adalah duduk. Duduk ini dilakukan dengan bertumpu pada dua kaki. Karena kaki tertekan oleh pantat, maka sistem peredaran darah pada bagian tersebut akan menjadi lebih lancar. Apabila ini dilakukan secara rutin, maka akan sangat baik untuk mencegah linu pada bagian persendian kaki.

5. Gerakan salam
Gerakan sholat yang terakhir adalah salam. Gerakan ini dilakukan dengan menolehkan muka ke bagian samping kanan dan kiri secara bergantian sampai bagian wajah terlihat dari belakang. Gerakan salam sangatlah baik untuk melatih otot bagian leher. Sehingga jika dilakukan rutin, leher akan lebih kuat dan sistem peredaran darah pun semakin lancar.

Demikian sajian informasi mengenai manfaat gerakan sholat bagi kesehatan tubuh. selamat mencoba dan semoga berhasil, salam. J

Subscribe to receive free email updates: