Mengenal 4 Tradisi Budaya Ekstrem di Indonesia

Mengenal 4 Tradisi Budaya Ekstrem di Indonesia – Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam suku dengan tradisi yang berbeda-beda. Tradisi-tradisi tersebut merupakan warisan dari nenek moyang jaman dahulu. Terkadang beberapa tradisi budaya tersebut sangatlah aneh dan terlihat cukup ekstrem.

Mengenal 4 Tradisi Budaya Ekstrem di Indonesia

Mulai dari ritual seks, membangkitkan mayat, sampai dengan menyiksa diri semuanya bisa Anda temukan di Indonesia. Beberapa diantaranya mungkin berasal dari daerah Anda. Apa sajakah itu? check it out  4 tradisi budaya ekstrem di Indonesia berikut ini.

Tradisi Budaya Paling Aneh, Unik, dan Ekstrem di Indonesia

1. Ma’nene, Sulawesi
Ma’nene merupakan tradisi eksktrem dan mistik yang kerap dilakukan di Tana Toraja. Tradisi ini dilakukan dengan cara membangkitkan mayat yang telah dikubur selama 3 tahun terakhir. Kemudian mayat tersebut didandani lengkap seperti mau ke pesta. Bahkan mayat tersebut konon katanya bisa berdiri tegak dan berjalan sendiri, hii ngeri!

2. Debus, Banten
Debus termasuk kedalam tradisi umat Islam sejak abad ke-16 sampai sekarang. tradisi ini dilakukan dengan cara melukai diri sendiri. Mulai dari menusukan pisau di tubuh, memakan beling, berjalan diatas bara api, dan masih banyak lagi.

Menurut warga Banten, tradisi tersebut bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada Tuhan atas kepercayaan tubuh/raga yang telah diberikan kepada mereka.

3. Tradisi potong jari, Wamena
Inilah tradisi unik dan ekstrem di Indonesia. Mungkin kita akan menangis berjam-jam apabila ada salah satu jari kita yang hilang, namun hal tersebut tidak untuk masyarakat Wamena, Papua. Mereka malah memotong jari satu persatu dengan tujuan sebagai pelampiasan kesedihan karena telah ada anggota keluarga yang meninggal.

4. Pasola, Sumba
Pasola merupakan tradisi ekstrem di Indonesia yang dilakukan layaknya seorang pendekar berkuda. Masing-masing penunggang kuda akan bertarung diatas sebuah ladang sambil membawa sebuah kayu yang tajam pada bagian ujung. Sambil memacu kuda berkecapatn tinggi, kayu tersebut dilempar ke kstaria satunya hingga tertancap. Kurang ngeri gimana coba?


Itulah beberapa tradisi budaya ekstrem di Indonesia yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam. J

Subscribe to receive free email updates: