Hari Kanker Sedunia





Hari ini tepat tanggal 4 Februari 2016 seluruh warga dunia memperingati hari kanker sedunia. Peringatan hari Kanker Dunia ini untuk menggalang seluruh masyarakat dunia untuk bersama-sama melawan kanker, menyelamatkan jutaan jiwa dari kematian yang dapat dicegah, dengan cara mendorong pemerintah dan individu untuk mengambil langkah lebih dini dalam pencegahan maupun pengobatan. Tahun ini peringatan hari Kanker Dunia mengambil tema "We can, I can" . Rencananya dengan mengusung tema itu YKI (Yayasan Kanker Indonesia) akan melakukan kegiatan antara lain pemeriksaan kesehatan gratis, gerak jalan dan donasi yang didukung oleh Kementrian Kesehatan dan bebas bagi semua masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi dalam acara ini. Mengapa Hari Kanker Dunia itu penting untuk diperingatin dan disosialisasikan kepada semua masyarakat dunia? Hal ini dikarenakan setiap tahunnya ada 8,2 juta manusia meninggal akibat kanker. Empat jutanya meninggal prematur (berusia 30 sampai 69 tahun). Oleh karena itu peringatan hari Kanker Dunia merupakan kesempatan yang bagus untuk menyebarluaskan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang bahaya kanker.

Hingga saat ini fakta mengenai keganasan kanker pun masih awan bagi masyarakat. Maka dai tiu penting sekali sosialisasi akan fakta-fakta yang berkaitan dengan kanker yaitu sebagai berikut ini:

1. Kanker membunuh lebih banyak daripada AIDS, Malaria, dan TBC. Bahkan Bila ketiganya digabungkan menjadi satu.

2. 70% Pasien Kanker ada di negara berkembang.

3. 43% Kanker dapat dicegah dengan mengikuti program vaksinasi, dan menjalani perilaku hidup bersih dan sehat dengan mengurangin paparan bahan yang dapat memicu kanker seperti tembakau dan alkohol.

4. Dari tahun ke tahun jumlah penderita kanker terus meningkat dan diprediksi akan semakin meningkat apabila kita semua tidak segera berbuat langkah preventif segera.

5. 70% penderita kanker baru terdeteksi ketika sudah memasuki stadium lanjut.

Selain fakta berakitan kanker mitos-mitos mengenai kanker juga tidak kalah penting untuk diketahui masyarakat dunia yaitu:

1. Mitos yang pertama “Kita tidak perlu membicarakan Kanker”. Faktanya ialah kanker ini sekarang bukan merupakan sesuatu yang tabu untuk diperbincangkan masyarakat, karena dengan menambah wawasan dan pengetahuan berkaitan kanker dapat membantu kita melakukan pencegahan dan membantu orang di sekitar kita untuk memahami kanker.

2. Mitos kedua “Penyakit kanker ini datang tiba-tiba dan tidak memiliki tanda dan gejala awal”. Faktanya ialah pada semua jenis kanker selaluada tanda awal danbgejala yang khas bila kita sadar dan teliti dengan kesehatan masing-masing.

3. Mitos ketiga “Saya tidak punya riwayat keluarga yang kanker jadi saya tidak akan terkena kanker “. Faktanya ialah masing-masing dari kita memiliki sel kanker dalam diri. Sel kanker itu bisa berkembang atau tidak tergantung kebiasaan hidup kita. Memang kemungkinan besar apabila memiliki keluarga riwayat kanker maka akan terkena kanker, namun walaupun tidak memiliki riwayat tidak menutup kemungkinan kita juga terkena kanker karena gaya hidup yang tidak sehat.

4. Mitos keempat “Saya tidak punya hak dalam pengobatan kanker”. Faktanya ialah setiap orang berhak mengusahan dirinya untuk sembuh dari kanker dengan mendapatkan pengobatan medis bila terkena Kanker, kita semua sejajar dalam mencari pengobatan. Bahkan sekarangpun pengobatan kanker juga sudah ditanggung oleh BPJS.

Subscribe to receive free email updates: