Awas Bahaya Gula

Gula merupakan perasa makanan yang digunakan agar makanan dan minuman mememiliki rasa manis. Hampir semua masakan memakai gula sebagai penambah cita rasa masakan dan juga hampir semua minuman botol atau kaleng yang dijual di pasaran adalah minuman yang memiliki kadar gula tinggi. Padahal gula jika dikonsumsi secara berlebihan memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Sebut saja obesitas dan diabetes sebagai penyakit yang disebabkan karena terlalu banyak gula dalam darah. Belum lagi masalah-masalah kesehatan atau penyakit-penyakit lain yang akan muncul akibat dari diabetes.

penyakit gula


Pada tahun 2013, diperkirakan sekitar 180 ribu kematian didunia adalah akibat dari diabetes dan penyakit turunannya. Padahal makanan yang kita kira tidak mengandung gula karena rasanya yang tawar, ternyata masih mengandung gula yang tinggi. Apalagi dengan makanan yang benar-benar manis.



1. Diabetes
Inilah penyakit yang paling awal dari mengkonsumsi gula secara berlebihan. Karena akan membuat sistem pankreas yang menghasilkan insulin dalam tubuh menjadi terganggu.


2. Kecanduan
Sama halnya dengan miras dan Narkoba, gula juga bisa membuat orang kecanduan. Membuat orang selalu ingin minum manis seperti es teh manis, kopi, juice buah, dan minuman es pada umumnya. Bahkan saya punya sepupu yang tidak mau minum air putih, dia hanya mau minum minuman manis. Itulah effek addict alias kecanduan yang dia tidak sadari dari gula.

3. Obesitas / Kegemukan
Zaman now kita bisa lihat di masyarakat banyaknya penderita obesitas yang semakin meningkat dari tahun-ketahunnya. Meningkatnya pendapatan masyarakat dibarengi dengan meningkatnya konsumsi masyarakat, ditambah dengan malas berolahraga maka itu menjadi penyebab obesitas. Hampir semua makanan dan minuman yang dijual di pasaran mengandung gula dengan kadar yang tinggi, sehingga akumulasi dari semua makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari itulah yang menjadi penyebab kadar gula dalam darah menjadi sangat tinggi.

4. Sakit Gigi
Sering sakit gigi? Bisa jadi karena anda mengkonsumsi terlalu banyak gula. kandungan gula pada makanan dan minuman dapat menimbulkan karang gigi, lubang gigi dan masalah gigi lainnya. Karena gula merupakan makanan bagi bakteri dan menghasilkan asam penyebab gigi berlubang. Jika ingin lepas dari masalah gigi, maka kurangilah makan dan minum yang manis mulai dari sekarang.

5. Sakit Jantung
Jantung dalam fungsinya memompa darah ke seluruh tubuh, bisa terganggu fungsinya jika memompa darah yang kadar gulanya tinggi. Karena molekul yang terdapat di dalam gula yaitu glukosa 6-fosfat dapat mengakibatkan otot jantung berubah. Dan jika terus dibiarkan dapat meningkatkan seseorang resiko terkena gagal jantung.


6. Kanker
Salah satu penyebab kanker adalah gula. Maka bagi penderita kanker, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi gula karena dapat menyebabkan sel kanker menjadi lebih banyak dan lebih besar.


7. Hati
sama halnya dengan miras, gula juga dapat menyebabkan kerusakan hati. Hingga timbul berbagai penyakit yang berhubungan dengan hati.

8. Penuaan Dini
Punya masalah kulit kering? Bisa jadi karena kadar gula dalam darah tinggi. Gula merusak zat-zat dalam tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit. Akibatnya kulit menjadi kering dan mengkeriput.
Belum lagi dampak selanjutnya adalah berhubungan dengan otak. Konsumsi gula dengan kadar tinggi dapat menyebabkan terjadinya penuaan sel-sel otak. Oleh karena itu jika anda ingin tetap awet muda maka jauhilah makanan dan minuman manis.

 SOLUSI
Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih dan membiasakan diri mengkonsumsi makanan-makanan sehat alami seperti buah dan sayuran.Biasakan diri berolahraga rutin, merawat kebersihan tubuh, dan menjaga lingkungan tetap bersih sehingga Anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Subscribe to receive free email updates: