Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami

hilangkan ketombe


Beberapa faktor penyebab munculnya ketombe adalah berawal dari kurangnya perhatian kita terhadap perawatan rambut. Selain itu, ketombe juga bisa saja ditimbulkan karena kegiatan padat yang memaksa anda bekerja di bawah terik matahari sehingga membuat kulit kepala gampang berkeringat dan pada akhirnya timbullah masalah ketombe.

Terlepas dari itu, ada beberapa macam Cara Menghilangkan Ketombe terutama dengan memanfaatkan bahan – bahan alami di sekitar kita. Bisa saja kita pergi ke Salon, namun apakah kita tahu bahan-bahan yang mereka gunakan? Zat – zat kimia mungkin digunakan sebagai bahan campuran sehingga menimbulkan efek samping kerontokan maupun kekeringan rambut. Oleh karena itu, menerapkan teknik perawatan alami akan jauh lebih aman serta tidak sampai menimbulkan efek samping berbahaya bagi kesehatan rambut. Apa sajakah bahan – bahan alami tersebut?

  1. Dengan Garam
Bahan ini tentunya mudah sekali ditemukan di dapur rumah anda. Kristal dalam garam mempunyai fungsi untuk menghilangkan sel – sel kulit yang mati penyebab ketombe. Dengan begitu, otomatis juga ikut menghilangkan ketombe yang seringkali membuat gatal. Caranya, ambil garam halus kemudian gunakanlah sebagai scrub pada area kepala. Ratakan ke seluruh permukaan kulit rambut dan disertai pijatan pelan. Diamkanlah beberapa menit sampai Kristal garam terasa melekat lalu bilaslah segera menggunakan air bersih.
  1. Dengan Lemon
Buah lemon ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi dimana perananya sangat membantu untuk membasmi jamur yang menyebabkan ketombe. Adapun caranya, cukup memeras buah lemon 1-2 biji kemudian airnya nanti dapat langsung anda gunakan sebagai sampo keramas ketika mandi. Jangan lupa, setelah anda berkeramas dengan perasan air lemon tadi, bilaslah kembali rambut anda tadi dengan air sampai bersih.
  1. Dengan Cuka 
Selanjutnya yaitu dengan cuka. Berdasarkan sumber, cuka termasuk salah satu bahan alami yang mampu mengatasi ketombe. Fungsi utamanya sangat mirip dengan buah lemon yaitu sebagai fungisida yang dapat membunuh jamur serta mengangkat sel –sel kulit mati di permukaan kepala. Caranya, sediakan cuka apel secukupnya kemudian campurkan ke dalam setengah gelas air hangat. Aduk sebentar dan jadikan campuran tadi sebagai shampoo untuk rambut anda. Biarkan selama 30 menitan kemudian bilas pakai air bersih agar baunya hilang dari rambut.

  1. Lidah Buaya
Seperti yang sudah sering kita ketahui, lidah buaya sangat efektif untuk kesehatan rambut termasuk untuk menghilangkan ketombe. Kandunganya berperan dalam menghambat proses proliferasi sel kulit yang menimbulkan pertumbuhan ketombe. Caranya, Anda bisa mengambil 1-2 batang lidah buaya, belah dan ambil gelnya. Tempatkan gel pada wadah, usapkan di sekujur kulit kepala hingga merata. Diamkan sebentar dan langkah terakhir bilas dengan air bersih.
  1. Dengan Memperhatikan Konsumsi Makanan
Pilihlah makanan yang kaya akan serat atau protein misalnya sayur – sayuran, ikan dan sebagainya. Dan hindari makanan – makanan berlemak karena dapat memicu pertumbuhan ketombe yang lebih banyak.



Subscribe to receive free email updates: