Olahraga Yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan

berat badan


Berat badan yang berlebihan bagi sebagian orang adalah momok yang menakutkan, selain faktor penampilan yang kurang enak dilihat, juga faktor kesehatan. Yang perlu anda lakukan untuk menurunkan berat badan adalah menjaga asupan makanan dan tentu saja ber olahraga secara rutin.

Sebenarnya semua bentuk olahraga mampu menurunkan berat badan, tapi dengan catatan harus dilakukan secara teratur dan kontinyu.

Dan di antara sekian banyak jenis olahraga, ada beberapa olahraga yang ringan dan membakar banyak kalori.

1. Lompat tali (Skipping)


Dipercaya mampu secara efektif membakar kalori tubuh. Skipping adalah olahraga yang relatif murah karena hanya membutuhkan jump rope, yang banyak terdapat di toko olahraga. Suatu penelitian mengungkapkan bahwa kegiatan lompat tali merupakan gerakan kardio yang efektif untuk menurunkan berat badan. Anda hanya perlu melakukan skipping selama 10-15 menit setiap harinya.

Ada banyak gaya skipping yang kamu bisa anda terapkan. Seperti lompatan regular, lompatan satu kaki, lompatan lutut tinggi, lompatan dua kaki, lompatan menyilang, lompatan menyamping, dan double-unders.


2. Lari (Jogging)


Jogging merupakan lari santai yang sangat bagus untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Jogging ternyata mampu menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Tujuan utama kebanyakan orang melakukan jogging yaitu ingin membakar kalori dalam tubuhnya. Dengan jogging anda bisa menurunkan berat badan, karena kalori dalam tubuh di bakar hingga dua kali lipat bila di bandingkan hanya berjalan kaki.


3. Bersepeda


Bersepeda secara teratur membantu Anda menurunkan berat badan, meningkatkan kebugaran Anda dan mengurangi stress. Bersepeda membakar kalori sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan sedang, 700 kalori dimedan berat selama 1 jam. Jika Anda bersepeda secara rutin selama 1 tahun, Anda bisa membakar lemak sebanyak kurang lebih 5 kg, dengan hanya butuh waktu 30 menit sehari bersepeda.


4. Naik turun tangga

Naik turun tangga sangat efektif menurunkan berat badan. Anda dapat melakukannya di sekolah, di kantor, atau bahkan di pusat perbelanjaan. Suatu penelitian membuktikan bahwa naik turun tangga 2 kali lipat lebih efektif membakar kalori dibandingkan olahraga renang.

Awali dengan berjalan naik turun tangga selama 3-5 lima menit dengan ritme sedang. Lalu berlarilah di tangga selama yang anda kuat. Anda harus tahu bahwa dengan berlari di tangga mampu membakar 1.000 kalori per jam.

Subscribe to receive free email updates: