Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengobatinya

cara menghilangkan bau mulut


Sebagai mahluk sosial, kita berkomunikasi secara intens setiap hari. Dalam komunikasi antar personal kita harus memperhatikan penampilan kita terutama nafas atau bau mulut. Jangan sampai bau mulut mengganggu hubungan kita dengan orang lain. 

Bau mulut biasanya disebabkan oleh adanya masalah kesehatan gigi, gusi, dan makanan yang berbau menyengat. Gigi yang berlubang atau membusuk dan gusi yang bengkak / bernanah biasanya yang jadi factor umum bau mulut. Selain itu ada beberapa kondisi kesehatan lain yang juga bisa menjadi penyebab bau mulut di antaranya:

  • Mulut kering, terjadi karena adanya gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut. 
  • Sinusitis yang menghasilkan aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan. 
  • Pengaruh penyakit lain, seperti diabetes, gangguan hati, atau infeksi saluran pernapasan. 
  • Gangguan saluran pencernaan, seperti infeksi bakteri H.pylori yang menyebabkan sakit maag dan penyakit asam lambung (GERD).

Lalu bagaimana cara mensiasati atau mengobati bau mulut tersebut ? berikut ini tips menghilangkan bau mulut :

  1. Berkaitan gigi berlubang dan gusi yang bengkak, bisa langsung menemui dokter untuk solusi tambal lubang gigi yang berlubang dan gusi yang bengkak atau bernanah. jika masalah gigi dan gusi ini teratasi, otomatis bau mulut akan berkurang.
  2. Perbanyak Minum Air Putih, terutama saat bangun tidur minumlah air putih satu atau dua gelas. Dan biasakan untuk berkumur setelah makan, untuk mengurangi sisa makanan yang menempel di mulut yang menjadi sumber bakteri.
  3. Terkait penyakit lain seperti diabetes, gangguan hati, infeksi saluran nafas, gangguan pencernaan, dan lainnya. Maka penyakit-penyakit inilah yang harus diobati terlebih dahulu, sehingga bau mulut juga otomatis akan berkurang jika sudah sembuh.
  4. Sikat gigi minimal dua kali sehari, dan sikat juga lidah untuk membersihkan lidah dari bakteri
  5. Kunyah permen karet rendah gula (low sugar), ini sangat membantu dalam mengurangi bau mulut secara seketika.

Subscribe to receive free email updates: